OUR PARTNER

About Us PDF Cetak E-mail

ABOUT US

Tim Kerja Pemulihan Dieng (TKPD) dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo sebagai sebuah bentuk kepedulian terhadap rusaknya lingkungan Dieng.  Tim Kerja ini beranggotakan unsur pemerintah Kabupaten, praktisi, aktifis LSM, akademisi dan swasta. Gagasan awal TKPD mulai diusung akhir tahun 2006, berawal dari serangkaian diskusi beberapa aktifis yang berupaya melakukan penanganan masalah Dieng secara partisipatif dan terintegrasi. Tahun 2007, gagasan itu kemudian dikukuhkan menjadi Program Pemulihan Dieng (PPD) yang kelembagaannya diatur melalaui SK Bupati Wonosobo, Januari 2007.

Secara umum, tujuan Program Pemulihan Dieng adalah mengembalikan fungsi kawasan lindung Dieng tanpa mengabaikan kepentingan ekonomi, lingkungan dan sosial budaya masyarakat.  Program Pemulihan Dieng juga menempatkan permasalahan Dieng dalam konteks hubungan hulu hilir DAS Serayu serta, konteks regional enam kabupaten pemilik Kawasan Dieng, yakni Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung , Batang, Kendal dan Pekalongan. Yang terakhir ini terlihat dari kolaborasi yang dibangun TKPD dengan Tim penataan kawasan Dieng (TPKD) Provinsi Jawa Tengah.

Spirit Tim kerja Pemulihan Ding adalah menciptakan koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi (KISS) dalam menyelesaikan problematik Dieng secara partisipatif dan menggandeng semua pihak yang berkepentingan. TKPD juga memperluas jejaring dengan sebanyak mungkin pihak yang merasa berkepentingan dengan perbaikan daya dukung lingkungan di Kawasan Dieng dan DAS Serayu.